Thursday, November 8, 2012

TANTANGAN PEMBANGUNAN PERUMAHAN BERKELANJUTAN


         Menghadapi tantangan global akan kebutuhan perumahan memaksa bahwa penerapan pembangunan sustainable housing harus mengacu pada persepsi masyarakat. Tidak jauh berbeda dengan negara berkembang lain, Arab Saudi juga mengalami tantangan urbanisasi. Hal ini yang berpengaruh pada produktivitas masyarakatnya dalam mewujudkan perumahan. Sehingga mengakibatkan banyak muncul kawasan perumahan yang tidak berkelanjutan karena pada dasarnya, masyarakat migran tidak aware dengan perumahan berkelanjutan.
Dalam mewujudkan perumahan yang berkelanjutan, masyarakat perlu dilibatkan agar kesadaran mereka tumbuh, khususnya dalam memenuhi hak dasar yang satu ini. Hal ini dikarenakan, tidak hanya pihak Pemerintah maupun pengembang industri perumahan tetapi masyarakat menjadi bagian dari terwujudnya perumahan yang berkelanjutan. Disebutkan bahwa tantangan dalam mewujudkan perumahan yang berkelanjutan adalah perubahan iklim, tingkat pertumbuhan penduduk yang meningkat cepat karena urbanisasi, kepentingan pribadi dimana larangan pembangunan high-rise building di sekitar low-rise building serta keberhasilan dalam implementasi rencana.
Mengingat urbanisasi berdampak pada meningkatnya permintaan perumahan di perkotaan, maka konsekuensi yang perlu dihadapi adalah tantangan ke depan bagaimana mengalokasikan sumberdaya yang ada khususnya masyarakat, agar sadar akan pemenuhan perumahan yang berkelanjutan. Konsep perumahan berkelanjutan tidak hanya rumah yang layak huni dengan tingkat konsumsi energi yang rendah maupun penggunaan material ramah lingkungan namun bagaimana masyarakat dapat memenuhi kebutuhan dasar akan perumahan ini lah yang perlu disoroti juga mengingat tingginya tingkat urbanisasi. Konsep keberlanjutan perumahan merupakan proses yang kompleks. Hal ini dikarenakan, keberlanjutan tidak akan berjalan mudah tanpa adanya kesadaran masyarakat sendiri serta bagaimana persepsi masyarakat tentang pentingnya mewujudkan perumahan berkelanjutan. Perumahan berkelanjutan akan terwujud apabila masyarakat berbagai golongan mampu mengakses perumahan dengan mudah atau mempunyai kemandirian dalam mewujudkan perumahan berkelanjutan.

Sumber : Challenges Facing Sustainable Housing in Saudi Arabia : A Current Study Showing The Level of Public Awareness oleh Connie Susilawati and Muhammad Al-Surf  disampaikan dalam 17th Pacific Rim Real Estate Society Conference Gold Coast, Australia, 16-19th January 2011

No comments:

Post a Comment