Thursday, November 22, 2012

Kepekaan dan Perubahan

Kepekaan seseorang terukur dari caranya mengenali perubahan. Orang dengan kepekaan tinggi akan mengenali perubahan meskipun perubahan itu hanya berjarak sedekat alfabet A ke B. Akan tetapi, ada juga orang dengan kepekaan kurang sehingga untuk memahami adanya perubahan perlu menunggu sejauh jarak alfabet A ke Z...
(Mustovia Azahro, Oktober 2012)


Kepekaan kita diuji saat kita merasakan perbedaan. Tetapi, terkadang kita tidak sadar akan adanya perubahan saat itu juga tetapi perlu waktu yang lama untuk memahami bahwa yang terjadi adalah perubahan karena g sikap manusia yang terkadang hanya berkutat pada dirinya sendiri.

Manusia tidak terlepas dari masalah kehidupan.
Saat mempunyai masalah, manusia membutuhkan kekuatan untuk bisa bangkit dan berdiri menyelesaikan permasalahan.
Saat mengalami masalah, otak dengan rasionalitasnya menginginkan bangkit, tapi terkadang hati susah untuk menerima masalah. Manusia didesain Allah dengan kekuatan untuk mampu bangkit menyelesaikan masalah. Kekuatan itu tumbuh dari adanya motivasi diri.
Siapa kira, masalah adalah cara Allah memperkenalkan kepada kita bahwa ada banyak jalan untuk mereduksi masalah dengan mengandalkan hati dan pikiran, tidak menutup mata juga bahwa orang lain juga memberikan andil meningkatnya kemampuan mengenali masalah dan menyelesaikannya. . .

No comments:

Post a Comment