Thursday, November 8, 2012

KEMISKINAN


Kemiskinan sudah sarat di telinga kita karena kemiskinan merupakan salah satu agenda yang menjadi perhatian. Saat ini, hampir area perkotaan didominasi oleh masyarakat miskin. Kekurangan dan ketidakmampuan akses terhadap hak-hak dasar seperti pemenuhan akan water, clothing, shelter, education, maupun health care menjadi salah satu indikator kemiskinan.
Sangat erat di telinga kita, Indonesia kerap dikaitkan dengan masalah kemiskinan. Angka kemiskinan yang ditengarai telah mengalami penurunan. Bukan hal yang asing lagi, di sudut-sudut kota yang terkadang dilupakan oleh para pemangku kepentingan ternyata bersembunyi shelter yang menjadi hunian dan tidak layak pakai. Hal ini yang terkadang terlupakan, bahwa masih ada kaum marjinal yang perlu mendapat perhatian karena kekurangan dan ketidakmampuan dalam pemenuhan hak dasar. Dalam menilai kemiskinan, sudut pandang mengenai kemiskinan tidak hanya dilihat secara positivistik dan diukur secara kuantitatif, tetapi perlu pemahaman akan nilai-nilai yang tidak dapat diukur secara kuantitatif.
Ketidakmampuan dalam pemenuhan sandang, pangan dan papan tentunya membawa akibat yang lebih jauh seperti penyimpangan-penyimpangan sosial. Oleh karena itu, kemiskinan bukan harus diacuhkan begitu saja tetapi perlu dikenali dan dipahami sebagai bagian yang tidak dapat dipisahkan dari permasalahan global.

No comments:

Post a Comment